Jumat, 10 Oktober 2008

Saatnya berjuang kembali..


Hari kesepuluh di bulan oktober. 2 hari lagi sudah harus pulang ke jogja. 2 hari lagi perjuangan sudah harus dimulai kembali. 2 hari lagi tekanan-tekanan akan datang menghampiri. Saatnya bersiap-siap atau aku akan dihancurkan sendiri. Saatnya membuktikan bahwa mahasiswa tidak hanya bisa demo. Saatnya membuktikan bahwa dalam keterbatasan pun aku bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Kasus RUUK DIY masih berlarut-larut meskipun Keppres sudah diberikan. Kasus RUU MA apalagi. Kenapa hakim agung masih ngotot pensiun di usia 70 tahun? Memang MA itu panti jompo? Apakah negeri kita lalu akan terkena imbas krisis yang terjadi di Amerika? Entah, aku kurang begitu paham mengenai masalah ekonomi. Tapi aku yakin, jika tidak bersiap-siap, negeri ini akan diterpa badai krisis ekonomi meskipun kata Yudhoyono tidak akan separah tahun 1998. kemarin perdagangan saham dihentikan. Katanya sih karena Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) BEI jatuh sampai angka 1.451,669 karena rontoknya bursa global akibat dari krisis ekonomi Amerika Serikat. Itu berarti IHSG anjlok sekitar 10, 38 % dari angka 168, 052.

Indonesia sebentar lagi akan menjadi tuan rumah Asian Beach Games (ABG) yang akan dilangsungkan di Bali 18-26 oktober ini. Aku gak paham apa maunya pemerintah dengan ajang seperti ini. Sepertinya bukan arena untuk mengejar prestasi. Tapi lebih kepada arena untuk promosi pariwisata. Bagaimana tidak, dari 16 cabang yang akan dipertandingkan, tidak ada satupun yang dimainkan di SEA Games, Asian Games, apalagi Olimpiade. Ya karena ini merupakan ajang alternative. Buktinya ini baru pertama kali diadakan. KONI/KOI setahuku kekurangan dana. Tapi kok masih sempat juga menggelar ajang ini. Yang lebih sibuk terlihat justru kerja dari Kementerian Pariwisata daripada Kementerian Pemuda dan Olahraga. Boros uang. Tapi mungkin targetnya memang bukan mengejar prestasi melainkan turis-turis asing.

Kualifikasi World Cup 2010 besok dimulai lagi. Berharap semoga tim-tim yang aku idolakan semua lolos ke Afrika Selatan. Sampai sejauh ini semua berjalan baik-baik saja. Inggris masih memuncaki klasemen grup 6. spanyol masih berada di puncak klasemen grup 5. hanya Italia yang posisinya sekarang mengkhawatirkan. Meskipun masih berada di nomor 1 dengan 6 poin, tapi sekarang badai cedera tengah menghinggapi tim azzuri. Ini sungguh berbahay karena lawan yang dihadapi berikutnya adalah Negara kuat, Bulgaria.

Terakhir, mengutip kata-kata dari Rob Reiner, Ultimately all you can do is fix yourself. And that’s a lot. Because if you can fix yourself, it has a ripple effect.


Tidak ada komentar: