Kamis, 06 Desember 2007

Hidup Mahasiswa!

apabila usul ditolak tanpa ditimbang
suara dibungkam kritik dilarang tanpa alasan
dituduh subversif dan mengganggu keamanan
maka hanya ada satu kata : lawan!
-wiji thukul-
Menjadi mahasiswa ternyata tidak semudah yang aku bayangkan dulu. Dulu, aku pernah mengira bahwa menjadi mahasiswa itu enak. Bisa ngatur jadwal sendiri,maen kemana-mana sama temen, kencan sama pacar. Dan yang terpenting, aku bisa tidur sepuasnya, ya,seperti kebiasaanku dulu. Tapi ternyata tidak seperti itu. Menjadi mahasiswa berarti memikul tanggung jawab yang sangat besar. Bagaimana tidak, ternyata hanya 7% saja masyarakat Indonesia yang beruntung dapat menikmati pendidikan di perguruana tinggi. Bayangkan saja, 7% dari 220 juta jiwa orang. Berarti hanya sekitar 15 juta orang saja, dan aku termasuk salah satunya. Itu berarti tanggung jawab yang teramat besar terletak di tangan kita, para mahasiswa. Tanggung jawab kepada rakyat Indonesia yang menggantungkan harapan kepada mahasiswa untuk kehidupan yang lebih baik. Kepada siapa rakyat Indonesia menggantungkan harapannya kecuali kepada kita sebagai generasi calon pemimpin bangsa? Apakah aku akan diam saja melihat orang miskin kelaparan? Apakah aku akan diam saja melihat orang miskin tidur di kolong-kolong jembatan sementara kemewahan di kota-kota besar tampil dalam bentuk yang semakin luar biasa? Tidak, aku tidak akan diam, aku akan melawan ketidakadilan yang terjadi. Setidaknya aku akan berusaha memperbaiki diri sendiri. Dan aku mengajak teman-teman mahasiswa untuk ikut berjuang melihat ketidakadilan di negeri ini. seperti kata wiji thukul, hanya ada satu kata : lawan!
hidup mahasiswa!

Tidak ada komentar: